Rabu, 04 April 2012

Selayang Pandang RB800 Wireless Router


Bermunculnya varian baru produk Routerboard terus dikumandangkan oleh Mikrotik selama tahun 2009. Yang berawal dengan RB750 yang terkenal dengan Best Value Router dan Router Mungil kemudian disusul dengan RB750G yang sudah menggunakan Gigabit Ethernet. Keduanya merupakan varian Routerboard seri 700 yang Hampir sama seperti Seri 400 yaitu sama-sama menggunakan arsitektur processor Atheros tetapi berbeda type, yang memang ditujukan untuk kelas Low-end Router. Di tahun yang sama Mikrotik juga mengeluarkan produk Routerboard kelas High-end yaitu Routerboard seri 800 yang diberi kode RB800. 

RB800

Routerboard seri 800 sepertinya merupakan kelanjutan dari RB600 yang memang memiliki dimensi dan spesifikasi yang hampir sama, tetapi jika dilihat lebih detail spesifikasi RB800 ini hampir dua kali lipat RB600 dan lebih lengkap dengan beberapa tambahan expansion slot untuk hardware-hardware terbaru yang sebelumnya tidak ada di RB600.
 
 

Processor

RB800 yang menggunakan MPC8544 network processor (FreeScale PowerPC-based processor) memiliki kecepatan 800Mhz dan bisa dicustom hingga 1Ghz (999Mhz) merupakan processor terkuat saat ini untuk kategori Wireless Router. Dengan HeatSink dan HeatFan yang menjaga processor jika terjadi overhead merupakan salah satu inovasi Mikrotik supaya Performance Router ini dapat maksimal. Fungsi "System Health" (Temperature dan Voltage) juga ditambahkan di software RouterOS untuk memudahkan user memonitoring Router Wireless ini.

 

 

Expansion Slot

Dengan tersedianya Resource yang tinggi RB800 siap untuk menjalankan semua fungsi yang ada di RouterOS, fleksibilitas menjadi salah satu point penting pada sebuah perangkat router maka pada RB800 sudah disiapkan beberapa pilihan expansion slot untuk memperkaya fungsi dari Routerboard ini. Seperti pendahulunya Doughterboard Slot selalu menyertai seri Routerboard yang High End, di RB800 ini   Doughterboard Slot tersedia dua versi yaitu Doughterboard slot standard PCI yang support untuk Doughterboard seri pendahulu (RB564, RB502, RB604 dan RB816) dan juga Doughterboard type PCIe.
Slot MiniPCIe juga sudah disediakan untuk menambah RB800 ini dengan hardware terbaru.           

   

Performace

Tingginya Spesifikasi pada RB800 tidak hanya di atas kertas brosur saja tetapi juga perlu dibuktikan, test telah kami lakukan menggunakan mesin Core2Duo dan RB44GV. Hasilnya sangat memuaskan dengan traffic 250~300 Mbps full duplex, dengan beban traffic tersebut RB800 dapat tetap beroperasional oprtimal dan temperatur tetap normal.

 
Dengan melakukan Customisasi Clock processor RB800 diprediksi dapat dilewati traffic lebih besar dari 300mbps.

By: Novan Chris (Mikrotik.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar